Resep hari ini terinspirasi oleh salah satu cokelat favorit saya sepanjang masa: Twix. Saya telah pergi untuk empat lapisan, bukan tiga, untuk memberikan banyak tekstur yang berbeda … dan itu akan menjadi sangat besar.

OK, jadi mungkin ada beberapa perbedaan antara Twix dan cokelat batangan saya, tetapi begitu Anda menggigitnya, Anda akan tahu apa artinya itu.
Bar cokelat terbaik

Catatan: Anda akan memerlukan termometer gula, dan Anda dapat membeli glukosa cair dari supermarket paling besar.

Persiapan 45 mnt
Dinginkan 2 jam +
Masak 2 jam
Untuk 10 porsi
Untuk pangkalan biskuit
70g mentega tawar
250 g biskuit roti, dihancurkan

Untuk mengisi
400g keju krim penuh lemak
3 sdm dulce de leche
115g gula kastor emas
2 sdm tepung terigu
½ sdt ekstrak vanila
160g krim asam
2 butir telur besar

Untuk miso karamel
90ml krim ganda
½ sdt pasta kacang vanili
Gula kastor 185g
30g glukosa cair
150g mentega asin, dalam potongan kecil
2 sdm miso tempel
140g kacang cabai, dicincang kasar
Untuk lapisan cokelat
400g cokelat susu, cincang
400g krim ganda

Panaskan oven hingga 200C (kipas 180C) / 390F / gas 6. Masukkan nampan roti ke dalam freezer, kemudian olesi kaleng roti seberat 2lb dan luruskan semulus mungkin dengan clingfilm.

Untuk dasar, campur mentega cair ke dalam roti pendek, masukkan campuran ke dalam roti, dan tekan lembut ke dasar. Panggang selama 15 menit, kemudian kecilkan api ke 140C (kipas 130C) / 275F / gas 2, dan panggang selama 35-40 menit.

Buat lapisan krim keju: dalam mangkuk besar, kocok keju krim, dulce de leche dan gula sampai krim. Campur tepung, vanila dan krim asam, lalu telur, satu per satu.

Ambil kaleng dari oven, tuangkan campuran keju krim di atas dasar biskuit, dan panggang selama 40-50 menit lagi, sampai siap. Matikan api dan biarkan dingin di oven dengan pintu terbuka selama setengah jam. Tutup dengan clingfilm, lalu transfer ke lemari es dan dinginkan selama dua jam – idealnya dalam semalam.

Untuk karamel, masukkan krim dan vanila ke dalam panci dan didihkan. Panaskan panci lain dengan api sedang dan, sekali panas, tambahkan sepertiga gula dan glukosa cair. Masak sampai kristal gula larut dan Anda memiliki karamel berwarna terang.

Tambahkan sisa gula, dan lanjutkan memasak sampai karamel berubah menjadi kuning – sekitar 15 menit. Perlahan-lahan tambahkan krim vanila ke karamel, campur, angkat api, lalu aduk mentega dalam potongan kecil. Saat meleleh, tambahkan miso paste, aduk, lalu kembali ke api dan membawa hingga 120C.

Ambil nampan kue dari freezer, tuangkan di atas karamel dan aduk rata – ini akan membantu proses pendinginan. Lipat kacang cincang ke dalam karamel, dengan hati-hati transfer ke kantong pipa. Keluarkan kaleng roti dari kulkas, lalu sebarkan lapisan karamel secara merata di atas lapisan krim-keju dan biskuit.

Sekarang masukkan kembali roti timah ke dalam freezer sampai karamel disetel ke sentuhan – 20-25 menit.

Sementara itu, taruh cokelat dalam mangkuk besar. Masukkan krim ke dalam panci, didihkan perlahan, lalu tuangkan cokelat dan aduk sampai campuran leleh dan halus.

Keluarkan cokelat batangan dengan hati-hati dari loyang roti, lepaskan lapisan film clingfilm, dan letakkan di atas papan. Perlahan tuangkan cokelat sedikit demi sedikit, dan, menggunakan pisau palet kecil, ratakan, pastikan bagian atas dan sisinya tertutup. Dinginkan selama beberapa jam untuk mengeras, lalu iris menjadi jeruji.